KRPH-Upaya Meyakinkan Orang Tua

Bismillahirrahmanirrahim…

Ada pertanyaan menarik yang ditanyakan kepada Ustadz Fadly Reza saat beliau berkesempatan mengisi pada Kajian Rutin Pagi Hari (KRPH) beberapa waktu yang lalu :

P : Penanya
U : Ustadz

P : Ustadz, sebagian besar orangtua masa kini beranggapan bahwa mempelajari ilmu agama berarti kita hanya mempelajari kehidupan akhirat saja, sedangkan kita tidak mendapatkan kebaikan apa-apa untuk kehidupan dunia.

U : Hmm, ya. benar begitu… sebagian besar masih berfikiran seperti itu. Padahal dengan mempelajari ilmu agama, maka kehidupan dunia pun ikut terjamin di dalamnya. 

P : lalu, bagaimana cara meyakinkan mereka ustadz?

U : Buktikan saja! buktikan, jika dengan semakin banyaknya kajian keilmuan agama (islam) yang kamu pelajari, kasih sayangmu terhadap keluarga juga semakin meningkat, semakin santun, semakin rajin membereskan rumah. memiliki hubungan yang lebih baik terhadap tetangga, berprestasi, mandiri, semakin bertanggung jawab pada tugas yang ortu bebankan dll. intinya : Buktikan! bahwa kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi setelah mengikuti kajian keilmuan tersebut.

P : apakah ada sebuah kisah/hikmah yang dapat saya sampaikan sebagai contoh kepada orang tua?

U : Loh… akankah lebih baik jika kamu menjadikan diri kamu sendiri sebagai hikmah itu, sebagai contoh tersebut. jika kamu hanya mengambil contoh dari kisah-kisah orang lain yang sukses dunia akhirat karena telah mempelajari ilmu agama, bisa saja orang tua kamu nanti mengelak dengan mengatakan “loh itu kan kisah orang lain. bukan kisah kamu.”. Maka, hal terbaik yang bisa kamu lakukan ialah dengan MEMBUKTIKAN. karena menasehati atau memberi masukan kepada orang tua, tentu berbeda halnya dengan bagaimana cara kita menasehati teman sebaya. untuk dapat memahamkan dan meyainkan orang tua atas pilihan kita, tidak mempan jika hanya dilakukan dengan berbicara, karena Orang tua kita memiliki lebih banyak pengalaman yang dapat diceritakan dibandingkan dengan pengalaman yang kita punya. Sehingga, butuh pembuktian nyata agar mereka melihatnya secara langsung 🙂

*Redaksi sesuai apa yang masih saya ingat
*sebuah pertanyaan melalui secarik kertas dari seseorang peserta kajian
*semacam pertanyaan yang “JLEB” dan jawaban yang “JLEB” pas sekali momentnya.

Tengah Malam, Kamar Biru
Berusaha Membuktikan (memandangi Excel dengan seksama)

Advertisements

2 thoughts on “KRPH-Upaya Meyakinkan Orang Tua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s