Tantangan #4 Komunikasi ketika LDM

Selasa, 7 November 2017

Seperti yang pernah saya ceritakan secara terpisah sebelumnya, di kelas bunda sayang dijelaskan bahwa ada beberapa kaidah yg dapat meningkatkan efektifitas dan produktifitas komunikasi pada pasangan. Yakin :

  1. Kaidah 2C : Clear and clarify
  2. Choose the right time
  3. Kaidah 7-38-55
  4. Intensity of eye contact
  5. I’m responsible for my communication result

ketika menjalani Long distance Marriage (LDM), tentunya saya akan memperoleh tantangan untuk menerapkan kaidah point 3 dan 4. Kaidah 7-38-55 maksudnya ialah aspek verbal (kata-kata) hanya mempengaruhi komunikasi sebanyak 7%. sedang kan Intonasi memiliki 38% pengaruh Serta bahasa tubuh mempengaruhi sekitar 55%. Bagaimana mungkin pasangan LDM yang terbkasa dengan percakapan text melalui Chat bisa menerapkannya?

Kaidah keempat yaitu mengenai bertatap mata. Bahwa mata adalah jendela hati yang dapat menjelaskan hal-hal tersembunyi dibalik kata. Tapi lagi2, bagaimanakah pasangan LDM dapat melakukan nya? 

Awalnya sulit bagi saya dan pasangan untuk dapat berkomunikasi dgn baik. Sering bertengkar karena salah mengartikan pesan text yang ada. Intonasi text tidak terbaca oleh pasangan kan? Namun hari ini saya mencoba menyelesaikan tantangan ini. tantangan agar dapat memahami perasaan yang disampaikan oleh pasangan dapat kita baca melalui emotikon2 yang dipilih. jika sudah terbiasa, maka melihat emotikon itu seperti menatap wajah pasangan sendiri. hhe meskipun ada kemungkinan pasangan menutupi perasaannya dengan melampirkan emotikon yang berbeda. Sesekali untuk pembicaraan penting pun dapat direkam dan dikirim kan. Lalu untuk meredam kekhawatiran kita bisa mengatasinya dengan menelfon pasangan. suara yang terdengar melalui telefon akan lebih menenangkan prasangka. Intonasi akan terbaca 😊.

Hari ini, saya belajar sesuatu dari tantangan yang ingin saya selesai kan. Alhamdulillah… kami telah selesai merencanakan shot trip ke jogja di akhir pekan via komunikasi jarak jauh 😁😂. Mohon DOA agar kami selalu dapat memahami satu-sama lain ya manteman. ^^ see you besok di tantangan selanjutnyaah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s