Tantangan #1 Melatih Kemandirian

Bismillah…

Alhamdulillah sudah masuk bulan December dan masuk tantangan level 2 di kelas Bunda Sayang Institute Ibu Professional (IIP). Kali ini tantangannya ialah berupa “membangun kemandirian”. Materi utama sejatinya ialah  membangun kemandirian pada anak sesuai jenjang umurnya, namun karena saya dan suami masih belum memiliki anak maka kami dibebaskan untuk membangun kemandirian bersama pasangan.

Yeaaay… sepertinya Kali ini tantangan akan berjalan seru 😍😍. Let we see!!!

Jadi sebelum hari ini dimulai, sebenernya saya dan suami sudah mulai mendiskusikan hal terkait apa yg ingin kami capai dalam tantangan 17 hari kedepan (minimal 10 hari). Dalam ketentuan tugas, maksimal ada 4 pencapaian yang dapat dilakukan dalam 1 bulan. Maka kami coba mencari 4 hal kemandirian yang sekiranya dapat kami mulai saat ini, yaitu :

  1. Kemandirian dalam mengerjakan tugas domestic (menyetrika Tanpa menumpuk)
  2. kemandirian finansial (membayar air minum dan Gas untuk me masak
  3. Kemandirian menjaga kesehatan (mulai diet untuk suami
  4. Kemandirian bersosialisasi (pergi belanja Tanpa ditemani suami. bagi saya pribadi)

Keempat hal ini kami rencana kan dengan melihat kondisi kami yg masih menumpang di Rumah mertua dan menjalani LDM kecuali akhir pekan. selain itu tantangan juga direncanakan dapat berjalan satu persatu sejalan dengan adanya tugas tantangan level 2 kelas bunsay. Semoga semuanya lancar yaa. well meskipun ada beberapa revisi saat memulai tantangan. seperti nya ada yg lebih seru untuk dilakukan lebih dahulu hhe.

Hari pertama tantangan. Tadinya hari ini saya akan memulai tantangan “kemandirian dalam mengerjakan tugas domestik” terutama dalam half ini menyetrika. sudah hampir satu tahun setelah menikah, kebiasaan saya untuk menyetrika berubah. Pakaian ditumpuk dan hanya disetrika ketika dibutuhkan. Kecuali pakaian suami yg memang harus segera disetrika karena dibawa ke tempat kerjanya tiap akhir minggu. Tidak ada yg salah Dari menumpuk Baju jika memang bisa rapih dan terkoordinir dgn baik, ceileeeh. tapi ini berdampak pada tingkat kemalasan yg semakin menjadi2. huahHa.

Nah dengan alasan tersebut, cukup bagi saya utk memulai membentuk kebiasaan baru. “bertanggung jawab pada pakaian sy dan suami” apalagi bentar lagi aka ada baby… huaaa… tapi eh tapi, ketika ingin memulai tantangan sy kepikiran half yg sedang sy pupuk sebelumnya “mandiri exercise untuk kelancaran persalinan”. akhirnya, sy merubah tantangan hari ini #peace 😂😂.
exercise dimulai dengan memperbanyak sujud. Dokter menyarankan utk sujud selama 10 menit di pagi hari dan 10 menit pula di malam hari. Kenapa? karena di USIA kandungan sy yang sudah mencapai 6 bulan, posisi bayi yang sungsang masih dapat dirubah menjadi normal salah satunya dengan memperbanyak sujud. Bagaimana hasil tantangan hari ini? alhamdulillah sy dapat mencapai waktu 10 menit itu meskipun baru bisa dilakukan di pagi hari. malam ini saya skip karena perut lagi berasa penuh sekali dan mata sudah mengantuk (sambil nulis tugas) hhi.

Kedua, saya melakukan squat. squat ini jg berguna agar bayi dapat mengambil posisi terbaik nya. selain itu panggul mulai belajar untuk membuka dan pernafasan mulai terlatih. Tentunya Banyak manfaat olahraga kehamilan agar ibu tetap fit menjalani hari2 nya yg semakin berat (perutnya ding) wkwk. Target sebelum bulan ke 9 adalah 25-50 squat per hari. 

bagaimana hasil nya hari ini? awalnya saya membagi 25 dalam 5 waktu sholat. jadi squat dilakukan 5 Kali setiap habis sholat. Namun nyatanya hari ini saya hanya mampu squat dengan total 15x. MasyaAllah… tubuh tidak pernah terasa berat seperti ini sebelumnya. susah banget buat ngangkat badan 😂.

Namun saya berharap besok saya dapat melakukan nya dengan lebih baik lagi. karena Alhamdulillah ada dukungan suami yg turut melakukan exercise bersama2 hha. aamiin. Nantikan cerita selanjutnya yaaa. see you

#haripertama

#tantangan10hari

#level2

#kuliahbunsayiip

#melatih kemandirian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s